Printer Tidak Menarik Kertas dan Cara Memperbaikinya

Salah satu jenis kerusakan printer (canon, hp, epson printer) selain cardtridge bocor adalah printer tidak bisa menarik kertas. Hal ini biasanya juga disertai dengan kertas kusut atau tergulung dan ada kode error paper jammed di printer. Penyebabnya biasanya adalah ada sisa kertas yang tersangkut di dalam printer ataupun karena as karet yang berfungsi menarik kertas patah ataupun aus sehingga printer tidak bisa menarik kertas.

Untuk memperbaiki kerusakan printer ini, kita harus membongkar casing printer tersebut

1. Periksa apakah ada benda atau kertas yang tersangkut di roller printer

2. Periksa apakah as penarik kertas sudah aus atau patah

Berikut langkah-langkah memperbaiki kerusakan as penarik kertas pada printer

Bukalah casing/cover printer, tips cara membongkar ataupun membuka cover adalah perhatikan terlebih dahulu klem ataupun pin yang terbuat dari plastik dengan mencongkelnya perlahan-lahan dan usahakan jangan sampai patah. Sesudah casing/body plastic  dilepas akan terlihat karet penarik kertas beserta plastiknya, lalu buka skrup sensor kertas. Jangan lupa melapaskan Per  penekan kertas.

Lalu buka skrup pengunci karet penarik kertas. Lepaskan penarik kertas beserta karetnya dari printer dengan cara mencongkel klem plastic yang menempel pada gear besar yang terlihat dari atas lalu tarik kearah samping agar terlepas dari printer.

Sesudah terlepas dari Printer  perhatikan daerah penarik kertas yang patah. Daerah Plastik yang patah kemudian dilubangi dengan bor sebesar 3 mm. Lalu diberi skrup 3 mm.

Kemudian skrup yang sudah terpasang dipotong ujungnya dengan tang pemotong lebihkan skrup yang dipotong sepanjang 8 mm sebagai pengganti AS yang patah tadi.

Setelah Selesai, Pasang kembali Karet Penarik kertas ke printer dan tutup kembali casing/ body printer seperti semula.

Baca Juga :  Cara Mengganti Default Save Folder untuk Penyimpanan Dokumen Ms.Office

Demikianlah tips cara memperbaiki kerusakan printer, khususnya memperbaiki printer yang tidak bisa menarik kertas.

You May Also Like