Panduan Submit Sitemap ke Google Webmaster

Sitemapatau peta situs berfungsi layaknya peta dunia, keduanya mempunyai definisi yang sama. Bedanya, jika peta dunia menunjukkan lokasi setiap negara dan gugusan pulaunya, peta situs merupakan pemandu wisata mesin pencari untuk menjelajahi setiap halaman dan live link yang ada pada sebuah situs atau blog. Pada artikel ini penulis akan memberikan panduan singkat bagaimana cara membuat dan submit sitemap ke Google Webmaster Tool.

Buka dashboard blog Anda, arahkan mouse ke tab plugin dan klik Add New.

Add New

Pada halaman direktori plugin klik menu link Popular. Kemudian temukan plugin Google XML Sitemaps dan klik Install Now.Install Now

Install Now

Sesaat kemudian proses instalasi plugin dimulai, tunggu hingga selesai lalu klik Activate Plugin apabila halaman instalasi telah terbuka.

Activate Plugin

Arahkan mouse ke tab Setting dan klik XML-Sitemap.XML-Sitemap

XML-Sitemap

Klik kanan pada link You Sitemap was las built….. 

Copy Link Adress

Buka halaman GWT: www.google.com/webmasters/tools, saya asumsikan bahwa Anda telah mendaftarkan situs Anda di GWT sebelumnya. Untuk mengetahui cara submit blog ke GWT, pastikan Anda telah membaca artikel saya sebelumnya cara submit blog ke GWT.

Klik menu Pengoptimalan dan klik Peta Situs.Peta Situs

Peta Situs

Klik tombol Tambahkan/Uji Peta Situs dan paste-kan url peta situs yang telah Anda copy sebelumnya, tetapi kemudian hapus bagian depan hingga tanda (/). Hasil copy harusnya adalah sebagai berikut http://namasitusanda.com/sitemap.xml, nah Anda cukup memasukkan sitemap.xml tanpa link situs Anda. Setelah itu klik tombol Mengirim Peta Situs.Mengirim Peta Situs

Mengirim Peta Situs

Kemudian klik segarkan halaman atau tekan F5.

Segarkan Laman

Jika Anda lihat tampilan seperti gambar di bawah ini berarti Anda telah berhasil men-submit peta situs ke Google Websmaster Tool.

Hasil

Penutup

Peta situs membantu mesin pencari untuk menjelajahi blog Anda dengan lebih mudah dan cepat sehingga secara otomatis akan mendongkrak kualitas indeks situs Anda. Peta Situs seperti pemandu wisata bagi mesin pencari, tidak hanya Google tetapi seluruh mesin pencari yang ada di internet. Dengan begitu situs Anda tidak hanya mudah ditemukan tetapi juga unggul dalam hal kecepatan navigasi bot yang dapat mendongkrak peringkat SEO.

Baca Juga :  Tips Seo: Link Populer vs Jejaring Sosial
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More

Cara Meningkatkan Returning Visitor

Pada artikel sebelumnya telah dibahas betapa pentingnya meningkatkan returning visitor. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas cara untuk meningkatkan returning…