Panduan Submit Blog ke Google Webmaster

Google Webmaster Tool adalah halaman yang disediakan oleh Google untuk pemilik situs guna melakukan kendali yang terintegrasi dengan sistem mereka. Di dalam Google Webmaster Tool terdapat banyak fitur yang dapat membantu pemilik situs atau blog untuk mengembangkan kualitas blog mulai dari jumlah indeks, jumlah pengunjung, kesehatan situs sampai kepada hal-hal yang lebih spesifik seperti kata kunci yang digunakan pengunjung dan banyak lagi. Oleh karena itu sebagai blogger, Anda wajib mendaftarkan blog Anda ke Google Webmaster Tool. Berikut ini saya coba berikan panduan singkat bagaimana submit blog ke Google Webmaster.

Pertama buka halaman GWT: www.google.com/webmasters/tools, daftarkan diri Anda jika belum mempunyai akun, gunakan email Gmail agar lebih mudah terhubung ke berbagai produk Google.

Selanjutyna klik tombol Tambahkan Situs

Ketikkan alamat url blog Anda kemudian klik tombol Terus atau Next.

Setelah alamat link blog Anda tambahkan, maka Google akan meminta proses verifikasi untuk membuktikan bahwa blog tersebut memang milik Anda. Ada 2 jenis verifikasi yang dapat Anda lakukan, pilihan pertama verifikasi dengan cara mengupload file html yang diberikan oleh Google ke root domain Anda. Kemudian pilihan kedua Anda cukup meng-copy sebuah susunan kode dan memasukkan kode tersebut ke blog Anda melalui dashboard. Mari kita coba pilihan verifikasi pertama terlebih dahulu, klik menu tab Metode yang disarankan, kemudian download file html di link yang tersedia, saya beri lingkaran biru seperti terlihat di dalam gambar di bawah ini. Jangan klik tombol verifikasi, Anda harus upload dahulu file html tersebut ke root domain Anda.

Untuk meng-upload file html tersebut, Anda dapat menggunakan FileZilla atau menggunakan fitur file manager di Cpanel. Saya lebih memilih menggunakan FileZilla, jalankan aplikasi dan upload file html ke dalam root domain Anda. Pastikan file tersebut berada di root domain, bukan di folder atau sub folder lain.

Baca Juga :  4 Langkah Sederhana Optimasi Title Tag Untuk Mendongkrak Kualitas SEO

Setelah file ter-upload, kembali ke halaman Google Webmaster Tool lalu klik tombol Verifikasi.

Apabila keseluruhan proses Anda lakukan dengan benar maka sistem akan menampilkan konfirmasi bahwa verifikasi telah berhasil.

Apabila pilihan pertama terlalu rumit, coba cara kedua, klik menu tab Metode Alternatif. Kemudian copy kode <meta name=”google-site-verification” content=”MFhUeDFGNMYmvsdfsdfsflldkfldlfdmQxoUZPpP-08″ />. Jangan klik tombol Verifikasi terlebih dahulu.

Buka dashboard blog Anda dan arahkan kursor ke Apperance dan klik Editor.

Pada bagian kanan layar komputer Anda terdapat susunan file php, salah satunya terdapat file header.php, klik file tersebut.

Paste Kode

Setelah halaman selesai loadingpaste kode meta yang Anda copy sebelumnya dan letakkan setelah kode <head> lalu klik tombol Update File.

Kembali ke halaman Google Webmaster Tool dan klik tombol Verifikasi. Jika berhasil maka sistem akan memberikan konfirmasi seperti gambar di bawah ini.

Klik Lanjutkan untuk memasuki dashboard Google Webmaster blog Anda.

Penutup

Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dengan mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tool, seperti pemberitahuan cepat apabila terdapat file yang terinfeksi virus atau terdapat kegiatan ilegal oleh pengguna lain, informasi terbaru mengenai tingkat pengunjung, informasi kata kunci dan demografi pengunjung, informasi peta situs dan jumlah indeks serta informasi sitelink blog Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More

Cara Bersihkan BackLink Spammer

Dalam beberapa tulisan terdahulu saya memaparkan berkali-kali tentang pentingnya backlink untuk menopang posisi kita di mesin pencari. Namun dilain sisi…