KEINDAHAN PULAU BINTAN, PULAU TROPIS DI KEPULAUAN RIAU

Pulau Bintan mungkin masih terdengar kurang familiar di telinga para wisatawan, jarang diketahui oleh orang banyak namun memiliki tempat dan tujuan wisata yang sangat mempesona, khususnya wisata pantai. Asal Anda semua tahu, Pulau Bintan adalah nama dari salah satu pulau yang terdapat di Kepulauan Riau. Pulau ini melebar dari Malaka ke Laut China Selatan dan memiliki sekitar tiga ribu pulau besar dan kecil. Pulau – pulau itu terbentang dari seberang Singapura serta Johor Baru, Malaysia.

Memang Pulau Bintan ini masih kalah populer dengan pantai – pantai lain, seperti pantai – pantai yang ada di Bali ataupun di Lombok. Sebenarnya, Pulau Bintan memiliki banyak sekali tempat wisata yang menyuguhkan keindahan serta keeksotisan pantai dan lautnya.

Tidak kalah dengan Bali dan juga Lombok. Untuk para wisatawan yang sangat suka berlibur khususnya liburan di pantai, pulau ini memberikan kita berbagai keindahan destinasi wisata yang wajib kita kunjungi.

Berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa kita kunjungi ketika kita berada di Pulau Bintan yang dilansir dari zoovalencia.com :

1. Pantai Trikora

Letak pantai ini di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan. Ketika Anda memulai perjalanan dari arah kota Tanjung Pinang maka Anda harus bergerak ke arah timur sekitar 45 km. Disini Anda dapat menikmati keindahan dari Pantai Trikora yaitu pasirnya yang putih dan ombak yang landai. Pantai Trikora ini menjadi salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi para wisatawan di Pulau Bintan. Pantai Trikora dibagi menjadi empat bagian yaitu Pantai Trikora 1, 2, 3, dan 4. 

Baca Juga :  TEMPAT WISATA DI MEDAN YANG ROMANTIS BUAT NONGKRONG KAWULA MUDA

2. Pantai Sakera

Letak pantai Sakera adalah  di barat laut Pulau Bintan. Pantai Sakera ini biasanya paling ramai dikunjungi para wisatawan saat akhir pekan. Pastinya Anda akan senang untuk datang ke tempat ini karena disini terdapat suasana alam yang asri dan biaya yang murah sehingga cocok sekali untuk dijadikan wisata keluarga. Anda bisa mencapai pantai Sakera dengan waktu sekitar 2,5 jam dari kota Tanjung Pinang, dan tidak lebih dari 15 menit dari kota Tanjung Uban.

3. Pulau Penyengat

Berwisata tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi destinasi yang sarat dengan edukasi. Di Pulau Bintan juga menyediakan destinasi wisata yang penuh dengan edukasi yaitu Pulau Penyengat. Pulau ini letaknya tidak jauh dari kota Tanjung Pinang hanya membutuhkan waktu 15 menit menggunakan pompon yaitu perahu bermotor. Disini Anda bisa mempelajari banyak sekali sejarah dari kerajaan di Kepulauan Riau. Pulau Penyengat ini juga menjadi saksi bisu sejarah perjuangan Kerajaan Kesultanan Riau ketika berperang melawan penjajah di abad 18.

Pulau Penyengat adalah sebuah pulau yang sebenarnya tidak cukup luas, tapi banyak mengandung cerita didalamnya. Pulau Penyengat ini kir-kira berukuran 2.5 km x 0.75 km. Banyak tempat – tempat yang bisa Anda kunjungi, seperti beberapa bangunan peninggalan sejarah Kesultanan Riau, sebuah benteng pertahanan, sebuah masjid Sultan Riau, Balai adat Pulau Penyengat dan makam makam tempat peristirahatan terakhir tokoh tokoh, ulama, dan pejuang Kesultanan Riau.

Itu dia beberapa tempat wisata yang bisa kita kunjungi di Pulau Bintan. Semoga bisa menambah referensi dari para wisatawan. Pulau Bintan adalah salah satu pilihan destinasi wisata yang sangat menarik. Jika Anda memiliki waktu libur yang panjang dan biaya yang sesuai, mungkin Anda bisa mencoba untuk berwisata di Pulau Bintan.

Baca Juga :  Tempat Wisata Outdoor yang Instagenic Di Jakarta
You May Also Like