Error Install Plugin Jetpack [Solved]

Analisa trafik dari sebuah blog umumnya dilihat dari berapa banyak jumlah pengunjung, berapa lama pengunjung berada dalam blog kita, apa saja yang mereka baca, dan masih banyak lagi parameter yang lainnya.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, pastilah seorang webmaster akan menunjukkan statistik kunjungan menggunakan software-software yang sudah banyak beredar. Diantaranya adalah google analyticssite statsjetpack. Untuk software analisa yang sekedar menanamkan script seperti google analytics dan site stats, mungkin tidak terjadi banyak kendala. Namun jika sudah berhubungan dengan program yang harus diinstall dalam web server dan menggunakan service-service yang berjalan pada web server, seperti software statistik kunjungan yang dimiliki Jetpack dibuatan automatic, tidak serta merta bisa berjalan dengan baik disemua web server dari hosting. Karena beberapa hosting menutup beberapa service yang menurut mereka tidak penting.

Table of Contents

Masalah

Tidak bisa otorisasi plugin jetpack dengan akun di wordpress.com, masalah ini karena service yang ada di hosting. Tidak bisa mengakses token dari jetpack yang telah disediakan oleh Automatic. Namun itu bukan satu-satunya masalahnya. Tapi dalam kesempatan ini tidak akan kita bahas lebih jauh, dan fokus terhdap penyelsaianya.

Jetpack could not contact WordPress.com: register_http_request_failed. This usually means something is incorrectly configured on your web host

Error yang ditunjukkan dalam kutipan ini adalah yang akan kita selesaikan dalam pembahasan pada artikel ini.

Solusi

Hal ini bisa diselesaikan dengan cara menghubungi administrator atau pengelola jasa hosting tempat Anda menempatkan blog Anda. Namun biasanya hal ini menunggu waktu yang lama. Jika Anda tidak cukup sabar untuk menunggu, sejatinya bisa dilakukan sendiri dengan bantuan plugin wordpress yang bernama core control.

  1. Download core control disini
  2. Install plugin core control, kemudian aktifkan.
  3. Buka plugin core control melalui menu tool, seperti yang ditunjukkan pada gambar buka core controlbuka-core-controlbuka corecontrol
  4. Aktifkan menu http access module
  5. Klik save module, kemudian akan muncul menu external http access seperti yang ditunjukkan pada gambar di point 4.
  6. Klik disable Transport untuk menonaktifkan curl
    Disable Curl
  7. Semua langkah di sisi server sudah beres, sekarang silahkan otorisasi kembali plugin jetpack dengan akun Anda di wordpress.com.
Baca Juga :  Cara Print Halaman Web dan Simpan Sebagai Pdf Tanpa Software

Penutup

Jika Anda telah menggunakan google analytics, maka jetpack stats tidak begitu penting lagi untuk Anda install. Namun, saya sangat merekomendasikan jetpack stats karena sudah termasuk banyak plugin lainnya seperti, subscribe, wordpress sharing dan lain-lain. Salah satu kelebihan jetpack yang saya sukai adalah kemampuannya untuk melihat out click, dan hal ini belum saya temukan di google analytic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like