Cara Menyambungkan Laptop ke TV Untuk Semua Jenis Laptop & TV

Laptop merupakan salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Selain untuk bekerja, hasil penelitian dari indonesiabaik.id menunjukkan bahwa 34,4% dari 2.121 orang menggunakan laptop untuk hiburan. Dengan laptop, orang bisa bermain game hingga menikmati menonton film. Apalagi, dengan mengetahui cara menyambungkan laptop ke TV, maka orang bisa nonton film dengan leluasa.

Selain untuk menonton film, menyambungkan laptop ke TV dapat mempermudah orang saat presentasi. Dengan layar laptop yang hanya berukuran 14 inci, layar akan terasa kecil dan kurang leluasa. Oleh karena itu, menyambungkan laptop TV dapat memberikan banyak manfaat bagi para pengguna.

Berbagai Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Cara menyambungkan laptop ke TV dapat dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari kabel hingga secara online. Hal ini tergantung dari tipe laptop dan TV yang akan digunakan. Hampir semua laptop saat ini dapat disambungkan ke TV, namun banyak yang tidak mengetahui caranya. Jadi, bagi yang ingin mendapatkan layar lebih lebar dengan TV, berikut adalah beberapa caranya:

1. Menggunakan Kabel HDMI

Salah satu cara termudah menyambungkan laptop ke TV adalah dengan menggunakan kabel HDMI. Kabel HDMI adalah cara yang paling umum dan digunakan dari dulu hingga saat ini. Hampir semua jenis TV dan laptop dapat tersambungkan dengan kabel HDMI, selama ada port HDMI.

Cara menyambungkan laptop ke TV adalah dengan menyambungkan satu sisi ke TV dan sisi lainnya ke laptop. Selanjutnya, nyalakan kedua perangkat dan pastikan mencolok pada power agar tidak sampai mati. Lalu, pilih input HDMI untuk menyambungkan tampilan laptop ke TV. Jika sudah selesai, tampilan TV dan laptop seharusnya sama.

Baca Juga :  A Guide for Tourist Who Wants to Stay at Pan Pacific Singapore

Apabila layarnya tidak berubah sesuai dengan laptop, maka cobalah membuka pengaturan dan pilih system. Klik Display dan memilih TV untuk menampilkan layar laptop pada TV. Terakhir, jangan lupa untuk menekan Windows+P, lalu duplicate. Jika cara ini masih belum berhasil, cobalah untuk mengecek sambungan kabel HDMI. Pastikan setiap sisi telah tersambung dengan erat, baik di TV maupun laptop.

2. Memasang Kabel VGA

Bagi yang memiliki laptop dan TV type lama, biasanya tidak tersedia port untuk memasang kabel HDMI. Namun, jangan khawatir, karena laptop dan TV tetap dapat disambungkan dengan menggunakan kabel VGA. Hasil gambar dengan menggunakan kabel VGA memang tidak sebagus HDMI, namun cukup menampilkan gambar. Jadi, bagi yang butuh audio harus menambahkan kabel audio.

Secara keseluruhan, cara menyambungkan TV ke laptop sama dengan kabel HDMI. Namun, untuk kabel VGA, harus ada tambahan kabel audio yang disambungkan dari laptop ke TV. Selanjutnya, nyalakan kedua perangkat dan pilih input PC dengan remote. Dengan cara ini, seharusnya laptop sudah tersambung ke TV. Namun, jika terjadi pilih pengaturan, system, display dan TV yang diinginkan.

3. Menggunakan Chromecast

Untuk yang tidak menyukai kabel dapat memilih chromecast sebagai cara menyambungkan laptop ke TV. Ini adalah perangkat wireless yang diluncurkan oleh Google dalam bentuk kecil, minimalis namun sangat bermanfaat. Selain pada laptop, chromecast juga dapat digunakan pada smartphone baik yang berbasis Android maupun iOS.

Pertama, bagi pengguna Android pastikan sudah mengunduh dan menginstall aplikasi Chromecast pada laptop. Jika sudah berhasil terinstall, sambungkan aplikasi dengan wi-fi dan pilih next. Selanjutnya, sambungkan chromecast pada TV dengan menggunakan kabel ekstensi HDMI pendek. Sambungkan kabel ini ke lokasi port HDMI pada TV dan ujung lainnya ke port USB TV.

Baca Juga :  Mendaftar Merek Melalui Konsultan HKI Terdaftar

Jika TV mendeteksi chromecast yang telah disambung, maka pilihlah input HDMI yang sesuai dengan nama perangkat chromecast. Kembalilah ke aplikasi lalu sambungkan dengan TV atau chromecast. Nantinya, akan muncul verifikasi kode di TV, lalu masukkan kode tersebut ke laptop agar dapat tersambung.

4. Menggunakan Converter HDMI

Perkembangan teknologi yang pesat tentunya berpengaruh terhadap fitur serta aksesorisnya. Namun, jangan khawatir, bagi para pemilik TV tabung, masih ada cara menyambungkan laptop ke TV. Bagi yang memiliki TV model lama, gunakan converter HDMI to AC untuk menyambungkan dua perangkat. Sebelum menyambungkan kabel, persiapkan terlebih dahulu kabel RCA, converter HDMI ke AV RCA dan kabel HDMI.

Pertama, sambungkan port HDMI ke laptop dan converter HDMI agar kedua perangkat dapat disambungkan. Kemudian, sambungkan kabel RCA ke converter HDMI sesuai warna masing-masing. Kemudian sambungkan tiga sisanya ke televisi tabung. Pada TV, pilihlah tampilan AV dan seharusnya layar laptop secara otomatis sudah berada di TV.

Namun, jika hal ini tidak terjadi, maka ubahlah pengaturan yang ada di laptop. Pergilah ke control panel, lalu pilih display dan pilih adjust resolution dan pilih TV. Jika masih belum muncul layarnya, maka periksalah kembali semua sambungan kabel dan pastikan sudah tersambung dengan benar.

5. Menyambungkan Port USB-C

Jika laptop dan TV yang digunakan sudah lebih modern, maka kedua perangkat seharusnya sudah memiliki port USB. Jika ada, maka manfaatkan kedua port tersebut untuk menyambungkan laptop dengan TV. Cara menyambungkan laptop ke TV dapat dilakukan dengan menggunakan kabel yang disambungkan ke dua perangkat tersebut. Lalu pilihlah input yang benar di TV agar layar laptop dapat tampil.

Bagi yang TV-nya tidak memiliki port USB-C, maka gunakan adapter tambahan. Adapter tersebut nantinya akan digunakan sebagai port USB-C. Dengan demikian, layar laptop tetap dapat dipindahkan ke TV.

Baca Juga :  Memilih Tempat Sewa Bus Pariwisata di Jakarta

6. Menghidupkan AirPlay di Macbook

Macbook merupakan salah satu perangkat yang pemakaiannya lebih rumit dibandingkan dengan laptop biasa. Meskipun begitu, laptop ini tetap dapat disambungkan dengan TV, asalkan tvnya adalah Apple TV. Untuk menyambungkan kedua perangkat, hidupkan Apple TV dan menu Airplay. Lakukan hal yang sama pada Macbook.

Selanjutnya, bukalah menu system preference di Macbook, lalu pilih display dan display tab. Pastikan AirPlay Display sudah dalam kondisi On. Lalu centang pilihan mirroring options in the menu bar when available. Terakhir, klik menu Airplay di sudut kanan atas laptop dan pilihlah jenis TV yang dimiliki. Jika semua sudah dilakukan dengan benar, maka layar laptop seharusnya sudah muncul di TV.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Menyambungkan Laptop ke TV

Ada banyak cara untuk menyambungkan laptop ke TV, mulai dari kabel hingga chromecast. Namun, sebelum memutuskan cara mana yang digunakan, ketahui terlebih dahulu jenis TV dan laptop yang dimiliki. Tidak semua TV dapat menggunakan kabel HDMI dan sebaliknya tidak semua laptop bisa menggunakan converter HDMI. Jadi, pastikan kedua perangkat sama-sama memiliki fasilitas yang dibutuhkan.

Selanjutnya, ketika sudah mengetahui jenis laptop dan TV, dan dibutuhkan kabel untuk menyambungkannya, pastikan kabel sudah terpasang dengan benar. Apabila kabel kurang menyambung dan tidak erat, maka layar laptop tidak akan muncul pada TV.

Jadi, sebelum menentukan cara menyambungkan laptop ke TV, pastikan kedua perangkat sama-sama memiliki fitur yang mendukung. Jika laptopnya versi baru, maka usahakan untuk menggunakan TV yang versi baru pula. Nantinya, proses penyambungannya akan lebih mudah dan tampilan layarnya tentunya akan lebih maksimal.

Referensi: charis.id

You May Also Like