Cara Meningkatkan Returning Visitor

Pada artikel sebelumnya telah dibahas betapa pentingnya meningkatkan returning visitor. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas cara untuk meningkatkan returning visitor. Simak cara-cara meningkatkan returning visitor dibawah ini:

1. Berikan Pembaca newsletters/RSSFeed

Semakin banyak orang yang berlangganan untuk membaca isi blog Anda tentu akan semakin banyak returning visitor yang Anda dapatkan. Setiap ada artikel keren baru akan langsung dikirimkan ke email pelanggan, dan ini memicu mereka untuk mengunjungi web/blog Anda.

Bagi Anda yang tidak paham dengan cara mengaktifkan fitur ini kepada pembaca Anda, saya sarankan membuat akun di feedburner.com. Selain gratis, feedburner juga miliknya google, jadi sudah terpercaya kehandalannya. Namun gosip terakhir tentang feedburner akan ditutup oleh google. Tapi jangan khawatir, masih banyak aplikasi sejenis yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

2. Mobile Apps

Jika Anda bisa pemrograman mobile untuk symbian, android maupun iOS, maka tidak ada salahnya Anda membuat aplikasi untuk web/blog Anda. Dengan mobile apps Anda akan mendapatkan banyak pengunjung setia karena setiap ada artikel terbaru akan langsung diunduh ke handphone pelanggan yang meng-install aplikasi web/blog Anda.

3. Minta Saran Judul Artikel

Mintalah saran kepada pembaca Anda tentang artikel apa yang mereka inginkan/butuhkan. Dengan cara ini, interaksi Anda dengan pembaca akan semakin meningkat karena mereka akan merasa diperhatikan oleh penulis. Disamping itu, nilai lebih dari cara ini adalah jumlah orang yang bertanya akan semakin banyak karena begitu mereka tahu Anda memberikan artikel seperti apa yang mereka butuhkan, maka pertanyaan lain akan segera menyusul dan bukan tidak mungkin pembaca lain pun tertarik untuk meminta/bertanya.

Baca Juga :  Panduan Submit Blog ke Google Webmaster

4. Jejaring Sosial

Tautkan konten web/blog ke profil jejaring sosial Anda. Dengan cara ini, Anda akan secara otomatis memiliki feed di mana-mana dan orang akan mudah untuk mengetahui keberadaan artikel terbaru dari web/blog Anda. Gunakan  Tumblr, Facebook, Twitter, Plurk atau jejaring sosial laindan.

5. Artikel Berseri

Artikel berseri memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk membuatnya. Tapi, disamping itu Anda akan mendapatkan kepercayaan serta returning visitor dari artikel berseri yang Anda buat. Di baris akhir pada artikel Anda, lampirkanlah judul tulisan selanjutnya sebagai lanjutan dari artikel Anda, bila perlu cantumkan pula kapan artikel lanjutan tersebut akan Anda tayangkan.

Penutup

5 cara meningkatkan returning visitor diatas adalah beberapa cara dari sekian banyak cara yang bisa dilakukan. Namun dengan teknik diatas, sudah sangat membantu untuk meningkatkan returning visitor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like